Tingkatkan Kompetensi Dosen, FADAKOM Gelar Workshop Penyusunan RPS

Tingkatkan Kompetensi Dosen, FADAKOM Gelar Workshop Penyusunan RPS

BANGSRI – FADAKOM – Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi (Fadakom) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara selenggarakan Workshop Penyusunan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS). Kegiatan yang diberi nama Workshop Penyusunan RPS Berbasis MBKM diselenggarakan Selasa (22/2-2022) di Pondok Indah Bondo Bangsri Kabupaten Jepara.

Dekan Fadakom Abdul Wahab Saleem, menyampaikan pentingnya penyusunan RPS untuk menunjang program MBKM bagi mahasiswa. “Dokumen perencanaan pembelajaran penting disusun oleh dosen pengampu di Fadakom sebagai panduan bagi mahasiswa untuk melaksanakan perkuliahan selama satu semester untuk mencapai sasaran yang ditetapkan,” ujarnya.

Sambutan Dekan

Dekan FADAKOM (Abdul Wahab Saleem) menyampaikan sambutan dalam pembukaan kegiatan workshop


Sementara  Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Inovasi (LPPI) Zainul Arifin MA. menyampaikan bahwa Unisnu sudah melaksanakan kurikulum MBKM sejak 2021. “RPS yang disusun oleh dosen pengampu di Unisnu sudah seharusnya menyesuaikan kurikulum MBKM,” ujarnya sekaligus membuka acara.

Telah hadir dalam acara tersebut yaitu Kaprodi Komunikasi Penyiaran Islam Khoirul Muslimin, dosen pengampu di Fadakom, dan Ketua LPPM Unisnu yang diwakili oleh M. Sholahuddin.

Narasumber kegiatan ini yaitu Kepala Pusat Pengembangan Sistem Pendidikan dan Inovasi Unisnu Jepara Khalimatus Sa’diyah, memaparkan cara pengisian RPS. “Penyusunan RPS harus disesuaikan dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) terkait ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik,” ujarnya. Capaian ini disesuaikan dengan mata kuliah yang ada di program studi, tambahnya.

Narsum Materi Workshop

Narasumber (Khalimatus Sa'diyah) menyampaikan materi workshop


Pada kesempatan tersebut, Ketua LPPM Unisnu diwakili oleh M. Sholahuddin, menyampaikan skema penelitian pengabdian masyarakat. “Ada 5 skema penelitian dan 2 skema pengabdian masyarakat yang bisa diikuti oleh dosen Unisnu. Berdasarkan skema-skema tersebut, dosen Unisnu bisa menyiapkan proposal untuk diajukan. Pengajuan skema ini disesuaikan dengan keilmuan dosen Unisnu baik berdasarkan pengalaman mengajar atau konsep keilmuan yang bisa diaplikasikan dalam pembelajaran,” ujarnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam bidang penyusunan rancangan pembelajaran dan harapannya adalah tersusunnya RPS semua mata kuliah yang akan diajarkan kepada mahasiswa Fadakom pada semester genap tahun akademik 2021/2022 mendatang. (Alvaros-MR).



Admin FDK

Komentar