
Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Akreditasi B
Profil Prodi KPI
a. Deskripsi Singkat
Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam merupakan satu-satunya prodi yang berada di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UNISNU Jepara sekaligus menjadi pusat pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian serta pengembangan ilmu komunikasi dan penyiaran Islam. Prodi ini berkonsentrasi penuh dalam upaya mewujudkan tenaga-tenaga yang memiliki kompetensi ideal di bidang komunikasi dan penyiaran Islam, memiliki kapabilitas, integritas keilmuan, serta memiliki wawasan keislaman yang berhaluan ahlus sunnah wa al-jama’ah an-nahdliyyah. Selama ini, telah mengembangkan kompetensi lulusan dengan membentuk corner public speaking, broadcasting, jurnalistik dan perfilman. Kehadiran KPI TV dengan beragam sarana yang dimilikinya mampu menjadikan Prodi KPI semakin eksis dalam membekali kompetensi praktis bagi mahasiswanya. Lulusan Prodi KPI menyandang gelar Sarjana Sosial (S.Sos.).
Lulusan Prodi KPI terserap menjadi dosen, wartawan, penyiar radio, penggiat media, desain dan layouter, fotografi, MC, pemerintahan, guru produktif broadcasting dan pengusaha.
b. Visi dan Misi
1) Visi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Visi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara adalah “Menjadi Prodi yang unggul dalam bidang komunikasi dan penyiaran Islam untuk mencetak lulusan sunni, profesional, cendekia dan berakhlakul karimah”.
2) Misi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Misi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara adalah :
a) Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan komunikasi dan penyiaran Islam;
b) Mengembangkan penelitian dan pengabdian bidang komunikasi dan penyiaran Islam dalam pemberdayaan potensi masyarakat;
c) Menanamkan etika komunikasi dan penyiaran yang sesuai dengan nilai-nilai Islam ahlus sunnah wa al-jama’ah;
d) Meningkatkan kerjasama dengan lembaga lain di bidang komunikasi dan penyiaran Islam.
c. Tujuan
Tujuan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara adalah :
1) Terwujudnya pendidikan dan pelatihan komunikasi dan penyiaran Islam guna menghasilkan Sarjana Strata Satu (S-1) yang dipersiapkan sebagai lulusan yang profesional di bidang komunikasi dan penyiaran Islam;
2) Dihasilkannya produk penelitian, pengkajian dan pengembangan ilmu komunikasi dan penyiaran Islam yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat;
3) Dihasilkannya sarjana yang memiliki nilai-nilai etika Islam ahlus sunnah wa al-jam’ah an-nahdliyyah dan mampu menerapkannya dalam komunikasi dan penyiaran;
4) Terciptanya kerjasama dengan pihak lain yang harmonis dan berkelanjutan untuk mendapatkan kemanfaatan bersama berdasarkan saling pengertian.
d. Kompetensi
Kompetensi lulusan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UNISNU Jepara ditentukan melalui kajian terlebih dahulu penjabaran visi-misi-tujuan dengan menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats) dan analisis kebutuhan pasar. Profil lulusan yang terbentuk disesuaikan dengan hasil pengkajian Asosiasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (ASKOPIS) dan amanat workshop penguatan program studi yang diselenggarakan oleh Kopertais X Jawa Tengah pada hari Kamis, 13 April 2017 bertempat di Kampus STAINU Temanggung, Jln. Suwandi-Suwardi KM. 02 Temanggung.
Adapun kompetensi dan profil lulusan dapat dideskripsikan sebagai berikut :
No | Profil/Kompetensi Lulusan | Deskripsi Profil |
1 | Akademisi dan Peneliti bidang Komunikasi (dan Dakwah) Islam
| Menjadi sarjana yang ahli dan konsen di bidang komunikasi (dan dakwah) Islam serta turut mengembangkan ilmu komunikasi dalam rangka dakwah Islam melalui riset-riset. |
2 | Praktisi Komunikasi Dakwah
| Menjadi sarjana yang ahli dan konsen menggunakan prinsip-prinsip ilmu komunikasi (dan dakwah) Islam dalam rangka dakwah Islam, misalnya mahir dalam da’i, kehumasan (MC), perfilman, fotografi, desain dan layout. |
3 | Jurnalis atau Broadcaster (pilihan konsentrasi).
| Menjadi Sarjana yang ahli dan konsen di bidang jurnalistik atau broadcasting sebagai salah satu jalan untuk menyiarkan Islam melalui media massa (radio, televisi, dan media online). |
Untuk menunjang kompetensi keilmuan bagi mahasiswa, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Prodi KPI menyediakan corner-corner yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam meningkatkan skill dan kemampuan teoretis-praktis dalam bidang keahlian yang dipilih. Corner yang disediakan terdiri dari 4 (empat) bidang, yaitu :
1) Corner Jurnalistik
2) Corner Broadcasting
3) Corner Public Speaking
4) Corner Perfilman
Keberadaan laboratorium KPI yang kini telah lengkap sarana prasarana pendukungnya telah mampu menopang kreatifitas dan kompetensi mahasiswa sesuai dengan bidang keilmuan/kompetensi dengan didukung hadirnya KPI TV dan Radio RIFADA-FM sebagai media pembelajaran mahasiswa yang mengintegrasikan teori dan praktik di lapangan.
e. Capaian Pembelajaran
Dengan merujuk pada Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Peraturan Menteri Ristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), Kemampuan yang dimiliki oleh lulusan Prodi KPI meliputi sikap, penguasaan pengtetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus dengan mengacu pada deskriptor KKNI level 6 (enam).
Adapun capaian pembelajaran sebagaimana dimaksud tercermin dalam komponen berikut ini :
1) Sikap dan Tata Nilai
Sesuai dengan rumusan capaian pembelajaran sikap sebagaimana dirumuskan pada deskripsi umum lampiran KKNI dan rumusan sikap lampiran SNPT, setiap lulusan memiliki sikap sebagai berikut :
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN SIKAP (S) | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
S6 | Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan; |
S11 | Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik; |
S12 | Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya; |
S13 | Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi masyarakat; |
S14 | Menampilkan diri sebagai pribadi yang utuh, stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi secara baik di tempat tugas; |
S15 | Bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak deskriminatif berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi; |
S16 | Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga dan percaya diri; |
S17 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang komunikasi dan penyiaran Islam secara mandiri; |
S18 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan dalam tugas komunikasi dan penyiaran Islam. |
2) Keterampilan Umum
Sesuai dengan rumusan capaian pembelajaran keterampilan umum sebagaimana dirumuskan pada rumusan keterampilan umum lampiran KKNI untuk level 6 KKNI (program sarjana), setiap lulusan Prodi KPI memiliki keterampilan umum sebagai berikut :
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN KETERAMPILAN UMUM (KU) | |
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur; |
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni; |
KU4 | Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; |
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data; |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; |
KU7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanah kan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi; |
KU10 | Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja; |
KU11 | Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik); |
KU12 | Mampu membaca al-Qur'an berdasarkan ilmu qira'at dan ilmu tajwid secara baik dan benar; |
KU13 | Mampu menghafal dan memahami al-Qur'an juz 30 (Juz Amma); |
KU14 | Mampu menguasai dan memahami ayat-ayat dan hadits tentang komunikasi; |
KU15 | Mampu melaksanakan ibadah praktis dan bacaan do'anya dengan baik dan benar. |
3) Keterampilan Khusus
Lulusan Program Sarjana Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut :
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN KETERAMPILAN KHUSUS (KK) | |
KK1 | Mampu melaksanakan dakwah Islam yang persuasif, humanis dan moderat berdasarkan keilmuan dan etika dakwah; |
KK2 | Mampu menulis materi dakwah di media cetak, elektronik dan media on line sebagai wujud dari keahlian komunikasi dan penyiaran Islam dalam masyarakat; |
KK3 | Mampu memiliki orientasi profesi yang terkait dengan aspek teknis hubungan publik dan komunitas (public and community relation technical framework) misalnya Event Organizer, Public Relations Officer (PRO), Media Relation Officer, dan lain-lain; |
KK4 | Mampu memiliki orientasi profesi yang terkait dengan advokasi dan kebijakan media komunikasi (advocacy and policy of media and communication chanel framework) misalnya analis isi media massa, aktivis advokasi media, pembuat kebijakan dan lain-lain; |
KK5 | Mampu memiliki orientasi profesi yang terkait dengan pengarusutamaan literasi informasi (information literacy mainstreaming Framework) misalnya, trainer, juru penerang, dan lain-lain; |
KK6 | Mampu memiliki orientasi profesi yang terkait dengan professionalisme da'i (Professional da'i Framework) misalnya, mubaligh, orator, penulis buku-buku Islami dan lain-lain; |
KK7 | Mampu melakukan mediasi dalam mengatasi konflik sosial keagamaan, antar da'i, dan media dalam masyarakat multi agama; |
KK8 | Mampu menyusun program, desain dan pengembangan media komunikasi penyiaran Islam berdasarkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi; |
KK9 | Mampu menjalankan fungsi kehumasan pada instansi pemerintah dan swasta (tenaga PR), mengelola event-event seremonial (keprotokolan) sebagai wujud dari keahlian komunikasi dan penyiaran Islam dalam masyarakat; |
KK10 | Mampu mendesain, mengelola dan mengembangkan lembaga komunikasi dan penyiaran Islam; |
KK11 | Mampu mengkaji berbagai regulasi yang terkait dengan program komunikasi dan penyiaran Islam; |
KK12 | Mampu melaksanakan penyiaran, sinematografi, fotografi, shooting, editing, dubbing dan kegiatan komunikasi dan penyiaran lainnya; |
KK13 | Mampu mengelola produksi siaran radio/televisi, media cetak dan media on line; |
KK14 | Mampu menciptakan karya-karya kreatif dalam industri hiburan seperti spot iklan radio dan televisi, desain grafis untuk media cetak dan on line, film film pendek dan dokumenter yang bernuansa Islami sebagai media komunikasi dan penyiaran Islam. |
4) Penguasaan Pengetahuan
Rumusan capaian pembelajaran aspek penguasaan pengetahuan disusun berdasarkan deskripsi penguasaan pengetahuan seperti yang dinyatakan dalam lampiran KKNI untuk level 6, baik yang bersifat generik sesuai level di KKNI, generik program studi, maupun spesifik program studi. Hubungan deskripsi capaian pembelajaran aspek penguasaan pengetahuan antara KKNI dan Program Studi disajikan melalui matriks di bawah ini :
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN PENGETAHUAN (P) | |
P1 | Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi; |
P2 | Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik); |
P3 | Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah berkomunikasi baik lisan maupun tulisan; |
P4 | tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik); |
P5 | Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik; |
P6 | Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil alamin; |
P7 | Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan; |
P8 | Menguasai langkah-langkah mengidentifikasi ragam upaya wirausaha yang bercirikan inovasi dan kemandirian yang berlandaskan etika Islam, keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global; |
P9 | Menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan teori komunikasi dan penyiaran Islam, dakwah, dasar-dasar tabligh, penyiaran, jurnalistik, periklanan, Public Relation, literasi informasi, baik dalam bentuk teoritik dan empirik serta dan tata cara dalam ceramah umum, khutbah, orasi pada beberapa event; |
P10 | Menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan pengelolaan media komunikasi dan penyiaran Islam yang baik, kreatif, inovatif, produktif dan adaptif sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi; |
P11 | Menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan konsep, filosofi, metode disiplin keilmuan (body of knowledge) Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islami yang relevan; |
P12 | Menguasai materi dakwah (kajian Al-Quran, hadis, ilmu kalam, ushul fikih dan fikih dan sejarah kebudayaan Islam) sebagai substansi dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab dalam komunikasi dan penyiaran Islam; |
P13 | Menguasai pengetahuan bidang penyiaran, public speaking, programmer media penyiaran Islam, kehumasan, MC, Keprotokolan, perancangan dan desain agenda, advokasi kebijakan media, literasi informasi, publikasi informasi melalui periklanan (advertising) baik pada media cetak, elektronik maupun daring (on line). |
Visi Misi
Visi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
“Menjadi Prodi yang unggul dalam bidang komunikasi dan penyiaran islam untuk mencetak lulusan sunni, profesional, cendekia dan berakhlakul karimah”.
Misi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam
- Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan komunikasi dan penyiaran Islam;
- Mengembangkan penelitian dan pengabdian bidang komunikasi dan penyiaran Islam dalam pemberdayaan potensi masyarakat;
- Menanamkan etika komunikasi dan penyiaran yang sesuai dengan nilai-nilai Islam ahlus sunnah wa al-jama’ah;
- Meningkatkan kerjasama dengan lembaga lain di bidang komunikasi dan penyiaran Islam.
Tujuan
- Terwujudnya pendidikan dan pelatihan komunikasi dan penyiaran Islam guna menghasilkan Sarjana Strata Satu (S-1) yang dipersiapkan sebagai lulusan yang profesional di bidang komunikasi dan penyiaran Islam;
- Dihasilkannya produk penelitian, pengkajian dan pengembangan ilmu komunikasi dan penyiaran Islam yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat;
- Dihasilkannya sarjana yang memiliki nilai-nilai etika Islam ahlus sunnah wa al-jam’ah an-nahdliyyah dan mampu menerapkannya dalam komunikasi dan penyiaran;
- Terciptanya kerjasama dengan pihak lain yang harmonis dan berkelanjutan untuk mendapatkan kemanfaatan bersama berdasarkan saling pengertian.
Kurikulum
No | Kode mata kuliah | Nama mata kuliah | Semester | Sks |
---|---|---|---|---|
1 | 21FDK102 | Pengantar Ilmu Komunikasi | 1 | 2 |
2 | 21FDK101 | Ilmu Dakwah | 1 | 2 |
3 | 21UN001 | Pancasila | 1 | 2 |
4 | 21KPI101 | Pengantar Jurnalistik | 1 | 2 |
5 | 21UN003 | Bahasa Indonesia | 1 | 2 |
6 | 21UN004 | Bahasa Inggris | 1 | 2 |
7 | 21UN005 | Ahlussunnah wa al Jama`ah | 1 | 2 |
8 | 21UN007 | Studi al Quran dan al Hadits | 1 | 2 |
9 | 21UN008 | Akhlak | 1 | 2 |
10 | 21FDK103 | Pengantar Studi Islam | 1 | 2 |
11 | 21FDK208 | Filsafat Ilmu | 2 | 2 |
12 | 21KPI202 | Komunikasi Publik dan Massa | 2 | 2 |
13 | 21KPI201 | Jurnalistik Media Cetak | 2 | 2 |
14 | 21FDK201 | Bahasa Inggris 2 | 2 | 2 |
15 | 21UN002 | Kewarganegaraan | 2 | 2 |
16 | 21FDK202 | Teori Komunikasi | 2 | 2 |
17 | 21FDK203 | Bahasa Arab 1 | 2 | 2 |
18 | 21FDK204 | Bahtsul Kutub 1 | 2 | 2 |
19 | 21FDK205 | Tafsir Ayat Dakwah | 2 | 2 |
20 | 21FDK206 | Hadits Dakwah | 2 | 2 |
21 | 21FDK207 | Islam dan Local Wisdom | 2 | 2 |
22 | 21FDK209 | Sejarah Dakwah | 2 | 2 |
23 | 21UN006 | Ke-NU-an | 3 | 2 |
24 | 21KPI308 | Jurnalistik Media Online | 3 | 2 |
25 | 21KPI307 | Pengantar Psikologi | 3 | 2 |
26 | 21KPI306 | Pengantar Sosiologi | 3 | 2 |
27 | 21KPI305 | Komunikasi Kelompok dan Organisasi | 3 | 2 |
28 | 21KPI304 | Jurnalistik Media Penyiaran | 3 | 2 |
29 | 21KPI303 | Ushul Fiqh dan Fiqih | 3 | 3 |
30 | 21KPI302 | Bahtsul Kutub 2 | 3 | 2 |
31 | 21KPI301 | Bahasa Arab 2 | 3 | 2 |
32 | 21FDK301 | Filsafat Dakwah | 3 | 2 |
33 | 21FDK302 | MPK Kuantitatif & Statistik | 3 | 3 |
34 | 21KPI402 | Fotografi Jurnalistik | 4 | 3 |
35 | 21KPI409 | Komunikasi Politik | 4 | 2 |
36 | 21KPI408 | Public Relations | 4 | 2 |
37 | 21KPI407 | Metode Penelitian Komunikasi | 4 | 2 |
38 | 21KPI405 | Sinematografi | 4 | 3 |
39 | 21KPI404 | Media Grafis | 4 | 2 |
40 | 21KPI403 | Desain Komunikasi Visual | 4 | 2 |
41 | 21KPI401 | Sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi | 4 | 2 |
42 | 21KPI406 | Vlog dan Youtube | 4 | 2 |
43 | 21FDK401 | Kewirausahaan | 4 | 2 |
44 | 21KPI505 | Penulisan Artikel | 5 | 2 |
45 | 21FDK503 | Studi Agama Kontemporer | 5 | 2 |
46 | 21FDK502 | Praktik Qiro'ah dan Ibadah | 5 | 2 |
47 | 21FDK501 | Kuliah Kerja Lapangan (KKL) | 5 | 2 |
48 | 21KPI506 | Hukum dan Etika Jurnalistik/Penyiaran | 5 | 2 |
49 | 21KPI504 | MPK Kualitatif & Analisis Media | 5 | 3 |
50 | 21KPI503 | Psikologi Dakwah dan Komunikasi | 5 | 2 |
51 | 21KPI502 | Sosiologi Komunikasi Media | 5 | 2 |
52 | 21KPI501 | Bahtsul Kutub 3 | 5 | 2 |
53 | 21KPI605 | Reportase Media Penyiaran | 6 | 2 |
54 | 21KPI609 | Newscasting/Announcing | 6 | 2 |
55 | 21KPI608 | Teknik Editing Televisi dan Radio | 6 | 3 |
56 | 21KPI607 | Tata Artistik Produksi Siaran | 6 | 2 |
57 | 21KPI606 | Produksi Acara Televisi dan Radio | 6 | 3 |
58 | 21KPI604 | Manajemen Siaran | 6 | 2 |
59 | 21KPI603 | Produksi Media Cetak | 6 | 2 |
60 | 21KPI602 | Reportase Media Cetak | 6 | 2 |
61 | 21KPI601 | Manajemen Redaksi | 6 | 2 |
62 | 21KPI701 | Komunikasi Sosial, Budaya & Agama | 7 | 2 |
63 | 21FDK701 | Retorika Dakwah | 7 | 2 |
64 | 21UN009 | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 7 | 4 |
65 | 21FDK802 | Skripsi | 8 | 6 |
66 | 21FDK801 | Seminar Komunikasi | 8 | 3 |
Daftar Dosen
MUHAMMAD NASHRUL HAQQI, S.Th.I., M.Hum.
Kepala Unit Pelaksana Teknis Layanan Internasional
Dr. Abdul Wahab, S.Sos.I., M.S.I.
Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi
MURNIATI, S.Sos.I., M.S.I
Ketua Unit Penjaminan Mutu Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Khoirul Muslimin, S.Sos.I, M.I.Kom
Ketua Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Sertifikat Akreditasi
Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Telah Terakreditasi B (Sangat Baik) berdasarkan SK BAN-PT No. 7421/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2020.
DOKUMEN AKREDITASI:
Sertifikat Akreditasi Prodi KPI Tahun 2020 | Dokumen |
SK BAN PT tentang Akreditasi Prodi KPI Tahun 2020 | Dokumen |
Sertifikat Akreditasi Prodi KPI Tahun 2015 | Dokumen |
SK BAN PT tentang Akreditasi Prodi KPI Tahun 2015 | Dokumen |
Artikel

Aktualisasi Takwa Dengan Living Pancasila
01 Jun 2023Oleh: Dr. K. Abdul Wahab Saleem, S.Sos.I, MSI. (Dekan Fdakom Unisnu Jepara, Rois Syuriah PRNU…
[Selengkapnya]
Pengabaian Potensi Kemanusiaan
02 Mei 2023Oleh: Dr. K. Abdul Wahab Saleem, S.Sos.I., M.S.I.Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Unisnu Jepara“Dan Sesungguhnya…
[Selengkapnya]
Segenggam Harapan Kesejahteraan Guru Honorer
14 Des 2022Segenggam Harapan Kesejahteraan Guru HonorerPenulis: Dwi Fania (Mahasiswa Prodi KPI)
[Selengkapnya]
Meneguhkan Peran Ulama Perempuan
16 Nop 2022Meneguhkan Peran Ulama PerempuanPenulis : Dwi Fania (Mahasiswa Prodi KPI)
[Selengkapnya]
Islam with Smiling Face
03 Nop 2022Islam with Smiling FacePenulis: Dr. Abdul Wahab Saleem, S.Sos.I., M.S.I. (Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Unisnu…
[Selengkapnya]
Mengenal Lebih Dekat Dekan Fakultas Dakwah dan Komuniasi, Abdul Wahab Saleem (Awas)
06 Sep 2021Mengenal Lebih Dekat Dekan Fakultas Dakwah dan Komuniasi, Abdul Wahab Saleem (Awas)Penulis : Hifzillah Fahmi &…
[Selengkapnya]
Dinamika Pembelajaran Daring
03 Sep 2021Dinamika Pembelajaran DaringPenulis : Inda Waladatu Sholihah (mahasiswi Prodi KPI)
[Selengkapnya]