Praktik Produksi Acara Talkshow, Hadirkan Mahasiswa dari Thailand sebagai Tamu

Praktik Produksi Acara Talkshow, Hadirkan Mahasiswa dari Thailand sebagai Tamu

TahunanTalkshow “Kuliah Karo Njagong” (KKN) dengan tagline Kuliah Jalan, Njagong tidak ketinggalan ini karya Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) angkatan 2016 Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara berlangsung dengan meriah di Laboratorium FDK Lt. 2 Gedung Pascasarjana pada Jumat, (10/1).

Acara KKN dipandu oleh dua host dari mahasiswa KPI yaitu Havis Bachtiar dan Risa Nur Hidayah ini mampu mengemas acara dengan baik. Celetukan lelucon di sela-sela acara bisa menciptakan tawa bagi khalayak dimana suasana timbal balik antara host, narasumber dan penonton itu ada. Ada enam scene dengan durasi 60 menit yang dilengkapi dengan gameshow ini sangat inspiratif dan menarik minat penonton.

“Kuliah Karo Njagong” atau sering disebut KKN ini dipilih karena disamping kuliah kita bisa berdiskusi mengenai banyak mahasiswa inspiratif di Unisnu yang kuliah dan juga sudah memiliki keluarga juga bekerja. Mereka bisa membagi waktunya asalkan tahu akan tanggung jawab dan mana yang harus diprioritaskan. Juga mengulas tentang mahasiswa pertukaran pelajar dari Negara Thailand yang beradaptasi dengan kultur yang ada di Unisnu.

Narasumber yang dihadirkan dalam acara ini berasal dari Mahasiswa Unisnu. Dua diantaranya Shidqiyah dan Nurul Anisa dari Prodi KPI yang menjalani 3 perannya sebagai Mahasiswa, Ibu rumah tangga sekaligus bekerja. Dengan semangat tinggi dan dukungan dari keluarga mereka mampu menjalankan tugas yang cukup menguras tenaga dan pikiran dengan baik.

Ditambah empat mahasiswa dari Negara Thailand yaitu Najwa dan Ahmad berasal dari Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Aqil dari Prodi KPI, sedangkan Mukkholid dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Keempat mahasiswa ini menceritakan cara mereka beradaptasi dengan kultur di Unisnu mulai dari segi bahasa, rutinitas, pola makan dan hambatan yang harus dihadapi.

Pimpinan Produksi, Muhammad Ghola Mushofi menjelaskan Talkshow dikemas dengan fresh dengan mengundang bintang tamu dari Negara Thailand yang sekaligus menjadi mahasiswa di kampus Unisnu Jepara. “Penugasan terakhir ini sebagai bekal untuk kita sebagai kru acara untuk terjun kelapangan, karena setelah ini tidak ada jam dibangku perkuliahan lagi,” tambahnya.

Dosen Mata Kuliah Produksi Siaran Radio dan Televisi, Khoirul Muslimin memaparkan kegiatan produksi acara televisi ini bagian dari Ujian Akhir Semester (UAS) Ganjil yang mempelajari sekaligus mempraktikkan langsung mulai dari pra produksi, produksi dan pasca produksi. Sedangkan untuk produksi siaran radio sudah terlaksana waktu Ujian Tengah Semester (UTS).

“Kegiatan produksi acara televisi ini disiarkan off air dengan maksud mengimplementasikan bagaimana memproduksi acara dari awal hingga akhir. Menyusun skrip acara, membagi scene dengan durasi yang ditentukan, mempersiapkan properti, lighting, kamera shooting, kostum dan lainnya. Ini kali pertama kegiatan talkshow menggunakan Laboratorium FDK untuk tugas praktikum di Unisnu, dan ditunggu editing video talkshow ini untuk segera di aplod di akun youtube KPI Unisnu,” pungkasnya.

Ahmad Abdullah, Mahasiswa Thailad sebagai narasumber menjelaskan talkshow ini baik dengan susunan acara yang terkonsep dengan runtut. “Saya suka talkshow ini, sudah seperti acara di televisi, banyak informasi yang saya dapatkan di talkshow ini serta mendapat tambahan teman,” jelasnya.

Salah satu penonton, Galuh Prodi KPI sangat antusias terhadap acara talkshow ini. “Acara  ini sudah memuaskan, ada sesi curhatnya, hiburan, apalagi host bisa menguasai panggung, memecahkan suasana dan nyambung dengan narasumber, susunan acaranya juga runtut dari awal hingga akhir terkoordinir,”paparnya. (Dian AP)


Admin FDK

Komentar