PPL KPI FDK 2014 Telah Usai


Setelah sekitar satu bulan mahasiswa peserta PPL Fakultas Dakwah dan Komunikasi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam Unisnu Jepara ditempa dan dibimbing secara praktis mengenai kejurnalistikan, penerbitan, dan kepenyiaran di Suara Merdeka, Rais Printing, dan Radio-radio “ternama”  di Jepara (Pop FM, Kartini FM, Suara Jepara FM, dan R-lisa FM), maka Sabtu, 13 September kemarin mereka ditarik secara resmi dan kembali lagi ke kampus untuk melanjutkan proses studi.

Acara penarikan berlangsung secara menarik, enjoy, bahkan khidmat. Berbagai pesan dan kesan, bahkan evaluasi telah diungkapkan semua oleh para pembimbing praktisi di lembaga-lembaga penyiaran tersebut. Bapak Muhammadun, selaku pembimbing praktisi dari Suara Merdeka, yang kebetulan juga Kabiro SM wilayah Muria, mengatakan masih banyak yang harus diasah oleh mahasiswa kaitannya dengan skill menulis dan reportase, sehingga kelihatannya agak berat rasanya untuk mengembalikan lagi mahasiswa ke kampus, tetapi apa boleh buat, waktu yang dialokasikan telah selesai, sehingga beliau menyarankan supaya mahasiswa masih tetap aktif komunikasi dengan beliau kapan saja dan di mana saja terkait dengan bimbingan meski tidak formal lagi. Bapak KH. Roisul Falah sebagai Bos Rais Printing juga memesankan agar mahasiswa selalu menghargai waktu, bekerja keras, dan memiliki karakter yang kuat agar cita-cita mereka mudah tercapai. Pesan dan kesan serta evaluasi yang hampir senada juga disampaikan oleh para pembimbing praktisi lain dari berbagai lembaga penyiaran tempat praktik, Mbak Rani yang mewakili Pop Fm menyampaikan ungkapan terimakasih atas kepercayaan dari FDK Unisnu yang telah merekomendasikan mahasiswanya praktik di Pop Fm, semoga apaun pengalaman yang didapat oleh mahasiswa dapat bermanfaat. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Mas Togar dari Radio Kartini Fm, yang bahkan selalu bersedia memberiakan ruang bagi mahasiswa untuk bersama mengembangkan diri dalam bidang penyiaran serta mempersilahkan datang dan berkomunikasi kapan saja kepada Radio Kartini. Mbak Yovie yang mewakili Suara Jepara Fm juga mengungkapkan hal yang sama, disamping ucapan terima kasih kepada FDK Unisnu atas kepercayaannya, juga mewanti-wanti supaya mahasiswa selalu datang di berbagai event yang diselenggarakan oleh Suara Jepara Fm meski sudah tidak lagi praktik di sana. Kemudian Mas Ferdy yang mewakili R-lisa juga mengungkapkan hal senada, Praktik semacam ini di R-lisa bahkan menjadi pengalaman pertama dan menarik bagi beliau, dalam kesempatan semacam inilah bisa saling share keilmuan dan skill, berbagi pengalaman, dan sebagainya, ungkapnya.

Acara penarikan PPL KPI FDK 2014 memang telah dilaksanakan, akan tetapi proses penguatan kompetensi dan skill di bidang komunikasi dan penyiaran Islam harus terus diasah dan dikembangkan, begitu ungkap Abdul Wahab selaku ketua panitia PPL sekaligus Kaprodi KPI yang mewakili Dekan dalam upacara penarikan tersebut, wahab juga memohon kepada lembaga-lembaga penyiaran dan komunikasi yang telah berkenan menampung mahasiswanya praktik agar kerjasama semacam ini tidak hanya sampai di tahun 2014 saja akan tetapi berlangsung terus menerus sepanjang saling member manfaat dan maslahah, dan hal ini Alhamdulillah diamini dan disetujui oleh semua lembaga tempat praktik. Tak lupa, Wahab juga menyampaiakn permohonan maaf dan ucapan terimakasih yang tak terhingga, atas perkenannya masing-masing lembaga tempat praktik atas segala fasilitasi yang telah diberikan kepada mahasiswa, dan dari kampus tidak bisa memberikan apa-apa selain menyerahkan segala balasan amal shaleh tersebut kepada Allah swt dengan ucapan jazakumullah khairol jaza’ min haitsu la yahtasib, “begitu pesan pak Dekan”, ungkapnya. Semoga Suara Merdeka, Rais Printing, Pop Fm, Kartini Fm, Suara Jepara Fm, dan R-lisa Fm, selalu jaya, diberkahi, mencerdaskan, dan bermanfaat untuk sesama. Amin….


Admin Unisnu

Komentar