PPKKN Bekali Teknis Pelaksanaan KKN 2020 bagi Peserta Kecamatan Jati Kudus

PPKKN Bekali Teknis Pelaksanaan KKN 2020 bagi Peserta Kecamatan Jati Kudus

Tahunan- Ratusan peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara Periode 1 TA. 2019/2020 sedang khidmat mengikuti pembekalan peserta yanag dicanangkan oleh Panitia Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (PPKKN). Pembekalan pagi ini (18/12/2019) dikuti oleh Peserta yang ditempatkan di desa lokasi KKN yang tersebar di Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Pembekalan ini diorientasikan pada pemahaman tentang kebijakan dan program KKN yang telah ditetapkan Panitia untuk dilaksanakan seluruh peserta, baik program KKN Reguler maupun Alternatif.

Pembekalan yang diprogramkan oleh Panitia dilaksanakan dalam 2 kegiatan secara terpisah, yaitu pembekalan klasikal dan pembekalan bersama. Adapun pembekalan bersama dilaksanakan untuk memberikan gambaran secara umum dan spesifik terhadap peta geografis, demografis, sosiologis, hingga kultur keagamaan yang berjalan di Desa lokasi KKN. 

Dalam pembekalan klasikal ini dipaparkan tentang Hak, Kewajiban, dan Larangan bagi mahasiswa peserta KKN. Peserta KKN selama 40 hari di lokasi KKN diwajibkan melaksanakan 1 kegiatan individu dan 3 kegiatan kelompok yang disesuaikan dengan tema besar KKN, yaitu Pengembangan Inovasi Desa Berbasis Pendidikan, Ekonomi, dan Teknologi. Selain itu, tiap kelompok maish dibebani untuk melakukan rilis media, penyusunan buku potensi  desa dan film dokumenter. Kesemuanya ini diharapkan mampu mendongkrak popularitas desa melalui explore dan publikasi atas potensi desa yang dimiliki oleh desa lokasi KKN. Hal ini diungkapkan oleh Nor Soleh, selaku pemateri pembekalan pagi tadi. 

Mendengar begitu banyak tanggungjawab yang harus diemban oleh peserta KKN di Desa Lokasi KKN, ada beberapa peserta yang mengeluh namun pemateri berpesan tetap semangat dan ikhlas mengabdi demi almamater, bahkan oleh sebagian peserta terdahulu 40 hari terasa singkat dijalani dan menginginkan untuk diperpanjang waktunya, juga ada beberapa yang melanjutkan KKN dengan menetap selamanya di lokasi KKN dengan mendapatkan jodoh masyarakat lokal. 


Admin FDK

Komentar