Momentum Penarikan Mahasiswa PPL Jurusan KPI Unisnu Jepara

Momentum Penarikan Mahasiswa PPL Jurusan KPI Unisnu Jepara

JEPARA – Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Unisnu Jepara tarik enam mahasiswanya dari kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Radio R-Lisa Jepara, Kamis (9/9).

Setelah cukup 25 hari lamanya, mulai 16 Agustus – 9 September kemarin, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) melakukan penarikan terhadap mahasiswa-mahasiswinya yang PPL di Radio R-Lisa. Banyak sekali pengalaman yang diberikan dari lembaga praktikan kepada mahasiswa PPL. Mulai dari cara membuat script siaran, script berita, dan script iklan kemudian memproduksinya sampai di playlist di ruang siaran radio. Teori dan praktik diberikan secara runtut dan maksimal dari awal hingga akhir. 

Selain itu, kerjasama FDK dengan R-Lisa sudah terjalin sejak lama, beberapa kali PPL sudah pernah dilakukan disana. Pihak R-Lisa sendiri merasa senang dipilih kembali menjadi tempat mahasiswa-mahasiswi FDK menimba pengalaman.

“R-Lisa sangat terbuka bagi teman-teman Unisnu yang mau praktik disini. Ya semoga saja R-Lisa dapat memberikan manfaat bagi teman-teman maupun sebaliknya”, ujar Okda selaku Manajer R-lisa sekaligus Pembimbing Praktisi PPL.

Selain itu, menurut Murniati selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dengan diadakanya PPL ini mahasiswa mempunyai kesempatan untuk memperoleh pendidikan dan pengalaman secara nyata.

“Menurut saya, PPL di lembaga praktikan R-Lisa menjadikan mahasiswa PPL mempunyai kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang holistik, interaktif, efektif, dan kolaboratif guna mendukung profil kelulusan komunikasi penyiaran islam, serta kesempata praktik yang diberikan kepada mahasiswa PPL menunjukkan komitmen dari lembaga praktikan, menerapkan pola sinkronik, dimana pola ini mengutamakan mahasiswa untuk lebih bisa secara langsung dan bersama-sama dosen praktisi terlibat dalam sebuah praktik pembelajaran, sebagaimana contoh dalam program Pesona R-Lisa. Mahasiswa yang PPL disini (R-Lisa) akan mempunyai kesempatan lebih untuk bisa mengeksplorasi potensi, skill dan bakat mengenai keradioan. Ini merupakan model pembelajaran kolaboratif yang luar biasa”. Ucapnya. 

Harapannya masing-masing mahasiswa bisa kreatif, mempunyai skill dan multi talent dari apa yang sudah diajarkan dari lembaga praktikan. 

Lisa selaku ketua dari tim PPL ini berterima kasih kepada Radio R-Lisa yang telah menerima peserta PPL dengan baik. “Kita tentunya sangat senang sekali dan bangga bisa PPL di Radio R-Lisa. Harapannya ilmu dan pengalaman dari sini bisa kita jadikan penunjang demi menghidupkan radio di Fakultas Dakwah dan Komunikasi”. Ucapnya. 

Penarikan PPL oleh Fakultas ini berjalan dengan lancar dan kegiatan di tutup dengan foto bersama serta penyerahan DVD hasil dari praktik mahasiswa selama PPL. Selain di R-Lisa, FDK juga melakukan penarikan mahasiswanya ke lokasi PPL lain, yakni Jawa Pos Radar Kudus Biro Jepara serta Radio Kartini Jepara. (Inda)



Admin FDK

Komentar