Mahasiswa KPI Gelar Kuliah Kunjungan di Bawaslu Jepara

Mahasiswa KPI Gelar Kuliah Kunjungan di Bawaslu Jepara

JEPARA-Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Unisnu Jepara gelar kuliah berbasis kunjungan edukasi ke kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Jepara, pada hari Kamis, (16/5/2019).

Menurut Khoirul Muslimin selaku dosen pengampu mata kuliah Komunikasi Politik mengatakan bahwa tujuan pembelajaran ini yaitu mengenalkan secara langsung penyelenggara pemilu dari mulai KPU, Bawaslu dan DKPP, sehingga tidak terkesan teoritik semata. "Setidaknya mahasiswa mengetahui tata kelola penyelenggaraan Pemilu. Berhubung di semester ganjil kemarin mahasiswa sudah melakukan kunjungan edukasi penyelenggara Pemilu ke KPU Kabupaten, pada semester genap ini kunjungan edukasi dijadwalkan ke Bawaslu Kabupaten," pungkasnya. 

Dia juga menambahkan kunjungan edukasi ini juga untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, tidak monoton ceramah di kelas. Paling tidak mahasiswa dapat mengenal lebih dekat dengan Komisioner Bawaslu. 


Sementara itu, Abdul Khalim selaku komisioner bagian logistik dalam sambutannya mengatakan sangat senang atas kedatangan mahasiswa untuk melakukan kuliah outdoor dalam bentuk kunjungan edukasi di Kantor Bawaslu Jepara. Dengan demikian mahasiswa akan memahami peran dan fungsi tata kelola penyelenggaraan pengawasan Pemilu yang dilakukan Bawaslu. 

"Mestinya ini tugas kami untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat salah satu komponen mahasiswa atas peran dan fungsi Bawaslu. Untuk menciptakan ketertiban Pemilu menjadi tugas bersama," tandas Khalim


Kunjariyanto selaku Komisioner Bawaslu yang juga alumni Unisnu menyampaikan terima kasih atas kehadiran sahabat-sahabat semua, dan berharap tentu kuliah yang digagas pak Khoirul Muslimin ini benar-benar memberi manfaat. 

"Saya mewakili Pak Ketua akan memberikan materi terkait permintaan dari kampus yaitu Tata Kelola dan Peran Fungsi Penyelenggara Pemilu oleh Bawaslu Jepara. 

 

Dia menyampaikan bahwa peran dan fungsi Bawaslu mengawasi Penyelenggaraan Pemilu dari mulai saat kampanye sampai pada pelaksanaan Pemilu. 


Kata Abid salah satu mahasiswa mengatakan kuliah Komunikasi Politik dengan formula kunjungan edukasi ke kantor penyelenggara Pemilu sangat menyenangkan, dan aplikatif.

"Saya yang awalnya tidaj tahu kantor Bawaslu Jepara, kini ketika ada kuliah outdoor saya tahu, dan yang menarik lagi langsung ketemu dengan para Komisioner Bawaslu. Harapan saya semoga model pembelajaran ini terus ada," ungkap Abid.


Admin FDK

Komentar