PROFIL PRODI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM


a.    Deskripsi Singkat

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam merupakan satu-satunya prodi yang berada di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UNISNU Jepara sekaligus menjadi pusat pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian serta pengembangan ilmu komunikasi dan penyiaran Islam. Prodi ini berkonsentrasi penuh dalam upaya mewujudkan tenaga-tenaga yang memiliki kompetensi ideal di bidang komunikasi dan penyiaran Islam, memiliki kapabilitas, integritas keilmuan, serta memiliki wawasan keislaman yang berhaluan ahlus sunnah wa al-jama’ah an-nahdliyyah. Selama ini, telah mengembangkan kompetensi lulusan dengan membentuk corner public speaking, broadcasting, jurnalistik dan perfilman.

 

b.    Visi dan Misi

1)         Visi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Visi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara adalah “Menjadi Prodi yang unggul dalam bidang komunikasi dan penyiaran islam untuk mencetak lulusan sunni, profesional, cendekia dan berakhlakul karimah”.

 

2)         Misi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Misi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara adalah :

a)             Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan komunikasi dan penyiaran Islam;

b)             Mengembangkan penelitian dan pengabdian bidang komunikasi dan penyiaran Islam dalam pemberdayaan potensi masyarakat;

c)             Menanamkan etika komunikasi dan penyiaran yang sesuai dengan nilai-nilai Islam ahlus sunnah wa al-jama’ah;

d)             Meningkatkan kerjasama dengan lembaga lain di bidang komunikasi dan penyiaran Islam.

 

c.     Tujuan

Tujuan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara adalah :

1)         Terwujudnya pendidikan dan pelatihan komunikasi dan penyiaran Islam guna menghasilkan Sarjana Strata Satu (S-1) yang dipersiapkan sebagai lulusan yang profesional di bidang komunikasi dan penyiaran Islam;

2)         Dihasilkannya produk penelitian, pengkajian dan pengembangan ilmu komunikasi dan penyiaran Islam yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat;

3)         Dihasilkannya sarjana yang memiliki nilai-nilai etika Islam ahlus sunnah wa al-jam’ah  an-nahdliyyah dan mampu menerapkannya dalam komunikasi dan penyiaran;

4)         Terciptanya kerjasama dengan pihak lain yang harmonis dan berkelanjutan untuk mendapatkan kemanfaatan bersama berdasarkan saling pengertian.

 

d.    Kompetensi

Kompetensi lulusan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UNISNU Jepara ditentukan melalui kajian terlebih dahulu penjabaran visi-misi-tujuan dengan menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats) dan analisis kebutuhan pasar. Profil lulusan yang terbentuk disesuaikan dengan hasil pengkajian Asosiasi Progran Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (ASKOPIS) dan amanat workshop penguatan program studi yang diselenggarakan oleh Kopertais X Jawa Tengah pada hari Kamis, 13 April 2017  bertempat di Kampus STAINU Temanggung, Jln. Suwandi-Suwardi KM. 02 Temanggung.

Adapun kompetensi dan profil lulusan dapat dideskripsikan sebagai berikut :

No

Profil/Kompetensi Lulusan

Deskripsi Profil

1

Akademisi dan Peneliti bidang Komunikasi (dan Dakwah) Islam

 

Menjadi sarjana yang ahli dan konsen di bidang komunikasi (dan dakwah) Islam serta turut mengembangkan ilmu komunikasi dalam rangka dakwah Islam melalui riset-riset.

 

2

Praktisi Komunikasi Dakwah

 

Menjadi sarjana yang ahli dan konsen menggunakan prinsip-prinsip ilmu komunikasi (dan dakwah) Islam dalam rangka dakwah Islam, misalnya mahir dalam da’i, kehumasan (MC), perfilman, fotografi, desain dan layout.

 

3

Jurnalis atau Broadcaster (pilihan konsentrasi).

 

Menjadi Sarjana yang ahli dan konsen di bidang jurnalistik atau broadcasting sebagai salah satu jalan untuk menyiarkan Islam melalui media massa (radio, televisi, dan media online).

 

 

Untuk menunjang kompetensi keilmuan bagi mahasiswa, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Prodi KPI menyediakan corner-corner  yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam meningkatkan skill dan kemampuan teoretis-praktis dalam bidang keahlian yang dipilih. Corner yang disediakan terdiri dari 4 (empat) bidang, yaitu :

1)        Corner Jurnalistik

2)        Corner Broadcasting

3)        Corner Public Speaking

4)        Corner Perfilman

 

Keberadaan laboratorium KPI yang kini telah lengkap sarana prasarana pendukungnya telah mampu menopang kreatifitas dan kompetensi mahasiswa sesuai dengan bidang keilmuan/kompetensi dengan didukung hadirnya KPI TV dan Radio RIFADA-FM sebagai media pembelajaran mahasiswa yang mengintegrasikan teori dan praktik di lapangan.

 

e.    Capaian Pembelajaran

Dengan merujuk pada Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 8 Tahun 2012 tentang  Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Peraturan Menteri Ristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), Kemampuan yang dimiliki oleh lulusan Prodi KPI meliputi sikap, penguasaan pengtetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus dengan mengacu pada deskriptor KKNI level 6 (enam).

Adapun capaian pembelajaran sebagaimana dimaksud tercermin dalam komponen berikut ini :

1)         Sikap dan Tata Nilai

Sesuai dengan rumusan capaian pembelajaran sikap sebagaimana dirumuskan pada deskripsi umum lampiran KKNI dan rumusan sikap lampiran SNPT, setiap lulusan memiliki sikap sebagai berikut :

a)             Bertakwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa  dan  mampu  menunjukkan  sikap religius;

b)             Menjunjung  tinggi  nilai kemanusiaan dalam menjalankan  tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

c)             Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

d)             Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah air,  memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

e)             Menghargai  keanekaragaman  budaya, pandangan,  agama, dan  kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

f)              Bekerjasama   dan   memiliki   kepekaan   sosial   serta   kepedulian   terhadap masyarakat dan lingkungan;

g)             Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

h)             Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

i)               Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di  bidang keahliannya secara mandiri;

j)               Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan;

k)             Menjunjung  tinggi  nilai-nilai  etika  akademik,  yang  meliputi  kejujuran  dan kebebasan akademik dan otonomi akademik;

l)               Bertanggung    jawab    sepenuhnya     terhadap    nilai-nilai    akademik    yang diembannya;

m)           Menampilkan  diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi masyarakat;

n)             Menampilkan diri sebagai pribadi yang utuh, stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi secara baik di tempat tugas;

o)             Bersikap   inklusif,   bertindak   obyektif   dan   tidak   deskriminatif   berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi;

p)             Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga dan percaya diri;

q)             Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang komunikasi dan penyiaran Islam secara mandiri;

r)              Menginternalisasi  semangat  kemandirian,  kejuangan  dan kewirausahaan  dalam tugas komunikasi dan penyiaran Islam.

 

2)         Keterampilan Umum

Sesuai dengan rumusan capaian pembelajaran keterampilan umum sebagaimana dirumuskan pada rumusan keterampilan umum lampiran KKNI untuk level 6 KKNI (program sarjana), setiap lulusan Prodi KPI memiliki keterampilan umum sebagai berikut :

a)             Mampu  menerapkan  pemikiran  logis,  kritis,  sistematis,  dan  inovatif  dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai  dengan bidang keahliannya;

b)             Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur;

c)             Mampu  mengkaji  implikasi  pengembangan  atau  implementasi  ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

d)             Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

e)             Mampu  mengambil   keputusan  secara  tepat,   dalam  konteks  penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

f)              Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

g)             Mampu bertanggungjawab  atas pencapaian hasil  kerja  kelompok  melakukan supervise   dan  evaluasi  terhadap  penyelesaian  pekerjaan  yang  ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

h)             Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

i)               Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi;

j)               Mampu     memanfaatkan     teknologi     informasi     dan     komunikasi     untuk pengembangan  keilmuan dan kemampuan kerja;

k)             Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);

l)               Mampu membaca al-Qur'an  berdasarkan ilmu qira'at dan ilmu tajwid secara baik dan benar;

m)           Mampu menghafal dan memahami al-Qur'an juz 30 (Juz Amma);

n)             Mampu menguasai dan memahami ayat-ayat dan hadits tentang komunikasi;

o)             Mampu melaksanakan  ibadah praktis  dan  bacaan do'anya  dengan  baik  dan benar.

 

3)         Keterampilan Khusus

Lulusan  Program Sarjana  Program  Studi  Komunikasi dan  Penyiaran Islam wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut :