Profil Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)

1. Deskripsi Singkat

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam merupakan satu-satunya prodi yang berada di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara yang sekaligus menjadi pusat pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian serta pengembangan ilmu komunikasi dan penyiaran Islam. Prodi ini berkonsentrasi penuh dalam upaya mewujudkan tenaga-tenaga yang memiliki kompetensi ideal bidang komunikasi dan penyiaran Islam, memiliki kapabilitas, integritas keilmuan, serta memiliki wawasan keislaman yang berhaluan ahlus sunnah wa al-jama’ah an-nahdliyyah. Pada akhir tahun 2018, sedang dilakukan pengembangan fakultas dengan dirintisnya pembukaan prodi baru Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT).

2. Visi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Visi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara adalah “Menjadikan Prodi KPI sebagai wahana pengkajian dan pengembangan ilmu komunikasi dan penyiaran Islam yang unggul untuk mencetak ahli komunikasi dan penyiaran Islam berhaluan ahlus sunnah wa al-Jama’ah, cendekia dan berakhlakul karimah”.

3. Misi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Misi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara adalah :

a. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan komunikasi dan penyiaran Islam;

b. Mengembangkan penelitian, pengkajian, dan pengembngan komunikasi dan penyiaran Islam dalam pemberdayaan potemsi masyarakat;

c. Menanamkan etika komunikasi dan penyiaran yang sesuai dengan nilai-nilai Islam ahlus sunnah wa al-jama’ah;

d. Meningkatkan kerjasama dengan lembaga lain di bidang komunikasi dan penyiaran Islam.

4. Tujuan Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam

Tujuan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara adalah :

a. Terwujudnya pendidikan dan pelatihan komunikasi dan penyiaran Islam guna menghasilkan Sarjana Strata Satu (S-1) yang dipersiapkan sebagai da’i yang profesional di bidang komunikasi dan penyiaran Islam;

b. Menghasilkan produk penelitian, pengkajian dan pengembangan ilmu komunikasi dan penyiaran Islam yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat;

c. Menghasilkan sarjana yang memiliki nilai-nilai etika Islam ahlus sunnah wa al-jam’ah  dan mampu menerapkannya dalam komunikasi dan penyiaran;

d. Terciptanya kerjasama dengan pihak lain yang harmonis dan berkelanjutan untuk mendapatkan kemanfaatan bersama berdasarkan saling pengertian.

5. Profil Lulusan

Profil lulusan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UNISNU Jepara ditentukan melalui kajian terlebih dahulu penjabaran visi-misi-tujuan dengan menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats) dan analisis kebutuhan pasar. Profil lulusan yang terbentuk disesuaikan dengan hasil pengkajian Asosiasi Progran Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (ASKOPIS) dan amanat workshop penguatan program studi yang diselenggarakan oleh Kopertais X Jawa Tengah pada hari Kamis, 13 April 2017  bertempat di Kampus STAINU Temanggung, Jln. Suwandi-Suwardi KM. 02 Temanggung.

Adapun profil lulusan dapat dideskripsikan sebagai berikut :

No

Profil Lulusan

Deskripsi Profil

1

Akademisi bidang Komunikasi (dan Dakwah) Islam

 

Menjadi sarjana yang ahli dan konsen di bidang komunikasi (dan dakwah) Islam serta turut mengembangkan ilmu komunikasi dalam rangka dakwah Islam.

 

2

Praktisi Komunikasi Dakwah

 

Menjadi sarjana yang ahli dan konsen menggunakan prinsip-prinsip ilmu komunikasi (dan dakwah) Islam dalam rangka dakwah Islam.

 

3

Jurnalis atau Broadcaster (pilihan konsentrasi).

 

Menjadi Sarjana yang ahli dan konsen di bidang jurnalistik atau broadcasting sebagai salah satu jalan untuk menyiarkan Islam melalui media massa.

 

 

6. Capaian Pembelajaran

Dengan merujuk pada Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 8 Tahun 2012 tentang  Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Peraturan Menteri Ristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), Kemampuan yang dimiliki oleh lulusan Prodi KPI meliputi sikap, penguasaan pengtetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus dengan mengacu pada deskriptor KKNI level 6 (enam).

a. Sikap dan Tata Nilai

Sesuai dengan rumusan capaian pembelajaran sikap sebagaimana dirumuskan pada deskripsi umum lampiran KKNI dan rumusan sikap lampiran SNPT, setiap lulusan memiliki sikap sebagai berikut :

1. Bertakwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa  dan  mampu  menunjukkan  sikap religious

2. Menjunjung  tinggi  nilai kemanusiaan dalam menjalankan  tugas berdasarkan agama, moral, dan etika

3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

4. Berperan  sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah air,  memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

5. Menghargai  keanekaragaman  budaya, pandangan,  agama, dan  kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

6. Bekerjasama   dan   memiliki   kepekaan   sosial   serta   kepedulian   terhadap masyarakat dan lingkungan

7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di  bidang keahliannya secara mandiri

10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan

11. Menjunjung  tinggi  nilai-nilai  etika  akademik,  yang  meliputi  kejujuran  dan kebebasan akademik dan otonomi akademik;

12. Bertanggung    jawab    sepenuhnya     terhadap    nilai-nilai    akademik    yang diembannya

13. Menampilkan  diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi masyarakat;

14. Menampilkan diri sebagai pribadi yang utuh, stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi secara baik di tempat tugas;

15. Bersikap   inklusif,   bertindak   obyektif   dan   tidak   deskriminatif   berdasarkan pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga dan status sosial ekonomi.

16. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa bangga dan percaya diri.

17. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang komunikasi dan penyiaran Islam secara mandiri.

18. Menginternalisasi  semangat  kemandirian,  kejuangan  dan kewirausahaan  dalam tugas komunikasi dan penyiaran Islam.

 

bKeterampilan Umum

Sesuai dengan rumusan capaian pembelajaran keterampilan umum sebagaimana dirumuskan pada rumusan keterampilan umum lampiran KKNI untuk level 6 KKNI (program sarjana), setiap lulusan Prodi KPI memiliki keterampilan umum sebagai berikut :

1. Mampu  menerapkan  pemikiran  logis,  kritis,  sistematis,  dan  inovatif  dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai  dengan bidang keahliannya

2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur

3. Mampu  mengkaji  implikasi  pengembangan  atau  implementasi  ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni

4. Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

5. Mampu  mengambil   keputusan  secara  tepat,   dalam  konteks  penyelasaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data

6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

7. Mampu bertanggungjawab  atas pencapaian hasil  kerja  kelompok  melakukan supervise   dan  evaluasi  terhadap  penyelesaian  pekerjaan  yang  ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya

8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi

10. Mampu     memanfaatkan     teknologi     informasi     dan     komunikasi     untuk pengembangan  keilmuan dan kemampuan kerja;

11. Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);

12. Mampu membaca al-Qur'an  berdasarkan ilmu qira'at dan ilmu tajwid secara baik dan benar;

13. Mampu menghafal dan memahami al-Qur'an juz 30 (Juz Amma);

14. Mampu menguasai dan memahami ayat-ayat dan hadits tentang komunikasi;

15. Mampu melaksanakan  ibadah praktis  dan  bacaan do'anya  dengan  baik  dan benar.

 

c. Keterampilan Khusus

Lulusan  Program Sarjana  Program  Studi  Komunikasi dan  Penyiaran Islam wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut :

1. Mampu melaksanakan   dakwah Islam yang persuasif, humanis dan moderat berdasarkan keilmuan dan etika dakwah

2. Mampu menulis materi dakwah di media cetak, elektronik dan media on line sebagai wujud dari keahlian komunikasi dan penyiaran Islam dalam masyarakat.

3. Mampu memiliki orientasi profesi yang terkait dengan aspek teknis hubungan publik dan  komunitas (public  and community  relation technical  framework) misalnya  Event  Organizer,  Public  Relations  Officer  (PRO),  Media  Relation Officer, dan lain-lain.

4. Mampu memiliki orientasi profesi yang terkait dengan advokasi dan kebijakan media komunikasi (advocacy and policy of media and communication chanel framework) misalnya analis isi media massa, aktivis advokasi media, pembuat kebijakan dan lain-lain.

5. Mampu  memiliki  orientasi  profesi  yang  terkait  dengan  pengarusutamaan literasi  informasi  (information literacy mainstreaming Framework)  misalnya, trainer, juru penerang, dan lain-lain.

6. Mampu memiliki orientasi profesi  yang terkait dengan professionalisme da'i (Professional  da'i Framework) misalnya, mubaligh, orator, penulis buku-buku Islami dan lain-lain.

7. Mampu melakukan mediasi dalam mengatasi konflik sosial keagamaan, antar da'i, dann media dalam masyarakat multi agama.

8. Mampu menyusun program, desain dan pengembangan media komunikasi penyiaran Islam berdasarkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.

9. Mampu menjalankan fungsi kehumasan pada instansi pemerintah dan swasta (tenaga PR), mengelola event-event seremonial (keprotokolan) sebagai wujud dari keahlian komunikasi dan penyiaran Islam dalam masyarakat.

10. Mampu mendesain, mengelola dan mengembangkan  lembaga komunikasi dan penyiaran Islam

11. Mampu mengkaji berbagai regulasi yang terkait dengan program komunikasi dan penyiaran Islam.

12. Mampu melaksanakan penyiaran, sinematografi, fotografi, shooting, editing, dubbing dan kegiatan komunikasi dan penyiaran lainnya.

13. Mampu  mengelola produksi siaran radio/televisi, media cetak dan media on line.

14. Mampu menciptakan karya-karya kreatif dalam industri hiburan seperti spot iklan radio dan televisi, desain grafis untuk media cetak dan on line,  film film pendek dan dokumenter yang bernuansa Islami sebagai media komunikasi dan penyiaran Islam

 

dPenguasaan Pengetahuan

Rumusan capaian pembelajaran aspek penguasaan pengetahuan disusun berdasarkan deskripsi penguasaan pengetahuan seperti yang dinyatakan dalam lampiran KKNI untuk level 6, baik yang bersifat generik sesuai level di KKNI, generik program studi, maupun spesifik program studi. Hubungan deskripsi capaian pembelajaran aspek penguasaan pengetahuan antara KKNI dan Program Studi disajikan melalui matriks di bawah ini :

1. Menguasai  pengetahuan  tentang  filsafat  pancasila,  kewarganegaraan,  wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi;

2. Menguasai  pengetahuan   dan  langkah-langkah  dalam  menyampaikan  gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan  benar  dalam  perkembangan  dunia akademik  dan  dunia  kerja (dunia  non akademik)

3. Menguasai pengetahuan  dan langkah-langkah  berkomunikasi baik lisan maupun

4. tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);

5. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik;

6. Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil alamin

7. Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah integrasi keilmuan (agama dan sains) sebagai paradigma keilmuan;

8. Menguasai   langkah-langkah   mengidentifikasi   ragam   upaya   wirausaha   yang bercirikan  inovasi  dan  kemandirian  yang  berlandaskan  etika  Islam,  keilmuan, profesional, lokal, nasional dan global.

9. Menguasai   pengetahuan   yang   berkaitan   dengan   teori   komunikasi   dan penyiaran Islam, dakwah, dasar-dasar tabligh, penyiaran, jurnalistik, periklanan, Public Relation, literasi informasi, baik dalam bentuk teoritik dan empirik serta dan tata cara dalam ceramah umum, khutbah, orasi pada beberapa event

10. Menguasai pengetahuan yang berkaitan dengan pengelolaan media komunikasi dan penyiaran Islam yang baik, kreatif, inovatif, produktif dan adaptif sejalan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

11. Menguasai  pengetahuan  yang  berkaitan  dengan  konsep,   filosofi,  metode disiplin keilmuan (body  of knowledge)  Ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islami yang relevan

12. Menguasai materi dakwah (kajian Al-Quran, hadis, ilmu kalam, ushul fikih dan fikih dan  sejarah  kebudayaan Islam) sebagai  substansi  dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab dalam komunikasi dan penyiaran Islam

13. Menguasai pengetahuan bidang penyiaran, public speaking, programmer media penyiaran Islam, kehumasan, MC, Keprotokolan, perancangan dan desain agenda, advokasi kebijakan media, literasi informasi, publikasi informasi melalui periklanan (advertising) baik pada media cetak, elektronik maupun daring (on line).

 

7. Program Peningkatan Kompetensi Mahasiswa

Untuk menunjang kompetensi keilmuan bagi mahasiswa, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Prodi KPI menyediakan corner-corner  yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam meningkatkan skill dan kemampuan teoretis-praktis dalam bidang keahlian yang dipilih. Corner yang disediakan terdiri dari 4 (empat) bidang, yaitu :

a. Corner Jurnalistik

b. Corner Broadcasting

c. Corner Public Speaking

d. Corner Perfilman