Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) menawarkan studi ilmu komunikasi yang terintegrasi dengan penyiaran dan dakwah Islam. Cita-cita mulia yang kami harapkan adalah mewujudkan "Ummat Melek Media dan Media Melek Sosial".

Studi di Jurusan KPI diorientasikan kepada berbagai ragam konsentrasi yang terwadahi dalam corner-corner, yaitu Corner Jurnalitik, Corner Public Speaking, Corner Perfilman dan Corner Broadcasting. Konsentrasi Jurnalistik diarahkan untuk mencetak alumninya menjadi seorang wartawan handal, praktisi media, atau pun analis media massa. Untuk itu, selain mata kuliah dasar-dasar ilmu komunikasi, juga ditawarkan mata kuliah pendukungnya, antara lain adalah: Jurnalistik Cetak, Jurnalistik Online, Jurnalistik Investigatif, Hukum dan Etika Jurnalistik, Fotografi Jurnalistik, Reportase, Analisis Media, Penulisan Artikel, Penulisan Fiksi, Penulisan Feature, Manajemen Media Massa, Manajemen Redaksi, dan lain-lain.
Sementara Corner Broadcasting lebih diarahkan untuk mencetak sarjana yang handal dalam bidang penyiaran, baik radio maupun televisi. Mata kuliah pokok untuk itu antara lain: Hukum dan Etika Penyiaran, Jurnalistik Penyiaran, Reportase radio/TV, Newscasting, Editing Siaran Radio/TV, Sinematografi, Analisis Siaran Radio/TV, Produksi Acara radio/TV, Manajemen Siaran, dan sebagainya. Mitra penajaman keahlian broadcasting, kami bekerjasama dengan radio di Kabupaten Jepara (Radio POP FM, Radio R-Lisa, Radio Kartiini, dan Radio Swara Jepara). Melalui program Broadcast road to school, kami senantiasa mengenalkan dan membekali skill broadcast kepada siswa siswi tingkat SMA/MA/SMK di kabupaten Jepara untuk berikutnya kami tempa dalam kampus UNISNU Jepara melalui prodi KPI.

Sebagai pendukung studi, selain fasilitas yang disediakan oleh universitas seperti Perpustakaan Online yang memadai, jaringan internet dengan wi-fi yang handal, juga telah terbangun dengan baik mitra kerja berupa TVKU Semarang, Suara Merdeka, Jawa Pos, Jogja TV, Aswaja TV, Tribun Jogja, dan lembaga penyiaran lainnya.

Hasil kerja keras seluruh civitas akademika Jurusan KPI, hingga saat ini alumni Jurusan KPI telah diterima di berbagai sektor, baik sebagai PNS (baik di Kementerian Agama maupun di Pemerintah Daerah), juga telah tersebar mengabdikan diri di berbagai media massa.

Secara kelembagaan, Jurusan KPI telah terakreditasi oleh BAN-PT Kementerian Pendidikan Nasional dengan nilai “B”. Download Sertifikat Akreditasi KPI 2015

Download SK BAN-PT tentang Akreditasi Prodi KPI UNISNU Jepara Tahun 2015

Dokumen Kegiatan Prodi KPI

Kerangka Acuan Seminar Nasional KPI UNISNU Jepara Tahun 2016