Festival Komunikasi FDK Unisnu 2019, Ajak Generasi Muda Berani Ekspresikan Diri

Festival Komunikasi FDK Unisnu 2019, Ajak Generasi Muda Berani Ekspresikan Diri

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara berkolaborasi dengan Unit Kegiatan Khusus (UKK) Organisasi Pengembangan Tilawatil Qur’an (Optiq) mengadakan Festival Komunikasi (Feskom) 2019, Senin (22/7/2019) di Halaman Region Hijau Unisnu Jepara.

Dalam Feskom ini terdapat perlombaan aksi da’i muda dan tilawatil Qur’an yang diikuti oleh 31 peserta dari tingkat pondok pesantren dan SMA sederajat, dengan batasan usia 15-20 tahun yang mempunyai karakteristik yang berbeda dengan ciri khas masing-masing.

Menurut Muhammad Syaifur Roqib, ketua panitia menyebutkan hal yang menarik dari Feskom ini kita mengambil ikon bambu sebagai bentuk visual komunikasi karena kita ingin menonjolkan bahwa FDK itu fakultas yang berkecimpung dibidang komunikasi.

“Lewat event ini, masyarakat umum dan pelajar bisa menikmati pameran stand kreatif yang berkolaborasi dengan prodi lain di Unisnu. Ada sejumlah stand hasil karya mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), Desain Produk (DP) dan Desain Komunikasi Visual (DKV),” tambahnya.

Pada perlombaan ini berlangsung secara bersamaan di tempat yang berbeda, yaitu lomba aksi dai berada di panggung utama Feskom, sedangkan lomba tilawatil Qur’an ditempatkan di Masjid ar-Robbaniyyin Kampus Unisnu Jepara.

Adapun daftar juara lomba tilawatil Qur’an, antara lain yaitu juara 1 diraih oleh Hakim Nur Burhan dari PP. Amtsilati Bangsri, juara 2 diraih oleh Rizalul Amri dari PP Amtsilati Bangsri dan juara 3 diraih oleh Muhammad Iqbal Baihaqi dari PP. Nurul Huda. Sedangkan daftar juara lomba aksi da’i, antara lain yaitu juara 1 diraih oleh Muhammad Wahyudi, juara 2 diraih oleh Yasmin Muntasyiroh dan juara 3 diraih oleh Ade Liya Fatmawati.

Dekan FDK Unisnu, Noor Rohman Fauzan, menuturkan mahasiswa BEM FDK bersama UKK Optiq telah mampu menghadirkan Feskom yang merupakan program tahunan kita. “Alhamdulillah, faktanya sudah cukup lumayan, semoga acara Feskom ini dapat memberi kebaikan dan manfaat yang sebaik-baiknya bagi kita semua,” pungkasnya.

Kaprodi KPI, Abdul Wahab Salim menuturkan sangat apresiasi dengan Feskom ini dan bagus untuk dikembangkan. “Pengembangan itu bermacam-macam bentuknya mulai dari SDM-nya, sosialisasinya, siapa yang terlibat mulai dari dosen, mahasiswa dan seterusnya, kita itu membawa misi dakwah An-Nahdliyah karena kita Fakultas Dakwah dan Komunikasi, event ini sangat efektif dan positif,” jelasnya.

Muhammad David Yusuf, wakil gubernur FDK mengatakan tujuan diadakannya Feskom sebagai wadah untuk mengeksplor kemampuan dan bakat pelajar, sekaligus sebagai sarana promosi Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

“Harapannya semoga menjadi agenda tahunan dan dapat terjaga relasi yang baik antara mahasiswa dan sekolah atau pondok pesantren di Jepara dan sekitarnya,” ujarnya.

Salah satu peserta lomba, Nia Asfiyani dari Ponpes Al Ishlah Al Ishom Mayong mengatakan bahwa acara Feskom ini sangat bagus, kita bisa mengetahui lebih banyak ilmu tentang publik speaking. “ Harapannya, tahun depan saya bisa ikut kembali, apalagi saya baru pertama kali mengikuti kompetisi ini dan acara ini menarik,” tambahnya.

Ita dari Fakultas Saintek sebagai pengunjung sangat antusias sekali dengan adanya Feskom ini. “ Acara ini itu enak, biasanya pada umumnya itu serius, sedangkan Feskom ini lebih santai, enak, ada lelucon dari pembawa acaranya, ini jadi nilai plusnya,” jelasnya.

Untuk tahun ini dimeriahkan beberapa hiburan musik diantaranya penampilan dari Bandta, Folksy Creative, Fact in Fake dan Rebana Jamuro. (Dian/Lpm Fokus)


Admin FDK

Komentar