Dakwah UNISNU Jepara Kuliah di Lapangan


Jepara - Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UNISNU Jepara (7/6) kembali mengadakan outdoor lecturing (perkuliahan di luar) yang kedua kalinya bersama Pengurus Gerakan Pemuda(GP) ANSOR Kab. Jepara. Acara yang berlangsung di gedung NU tersebut membahas berbagai macam persoalan tentang lembaga kemasyarakatan dan masalah-masalah masyarakat yang terkait dengan kehidupan sosial saat ini. Ketua GP Ansor M. Kholil,S.Ag yang juga sebagai narasumber menuturkan bahwa “GP Ansor itu sudah tersebar di berbagai tempat dan memungkinkan akan menguasai negara, tapi tidak secara mutlak.” Alumni Mahasiswa Inisnu (sekarang Unisnu red.) Juga memaparkan bahwa GP Ansor merupakan lembaga kemasyarakatan sekaligus lembaga keagamaan yang tugas pokoknya adalah menangani masalah pengkaderan yang nantinya akan diberdayakan untuk desa-desa.

Sementara itu, dikatakan Khoirul Muslimin, M.I.Kom selaku dosen pengampu mata kuliah Sosiologi, bahwa kegiatan ini bertujuan pengembangan mata kuliah Sosiologi sebagai kegiatan yang aplikatif dalam memahami lembaga kemasyarakatan, di samping itu outdoor lecturing ini merupakan implementasikankajian teori yang telah yang dipelajari di bangku kuliah.

Kegiatan yang berlangsung dari Pukul 09.00-11.00 WIB tersebut juga mendapat tanggapan yang apresiatif dari para mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi, banyak persoalan baru dan pertanyaan terus berkembang selama proses diskusi. “Bagaimana strategi GP Ansor dalam penerapan teradisi NU di masyarakat perkotaan?” Berikut adalah pertanyaan dari Muhammad Khoirul Anwar yang dianggap menarik oleh nara sumber. Abdussalam Sidiq Jailani juga memberikan komentarnya tentang peran GP Ansor dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial di tingkat remaja pada khususnya dan masyarakat di tingkat umumnya

Berbagai penjelasan tentang masalah sosial dan juga teori tentang lembaga kemasyarakan di paparkan secara baik oleh pemateri. Pembuktian tentang realita sosial dan teori yang ada di buku juga menjadi kajian yang menarik pada acara perkuliahan tersebut.

Eko Beni Pratama yang juga sebagai komting FDK Semester IV mengatakan bahwa “Kegiatan perkuliahan di luar ini sangat bermanfaar bagi Mahasiswa FDK karena dapat mendukung pemahaman sekaligus mengaplikasikan tentang teori-teori yang ada dalam literatur perkuliahan.” Kedepan nantinya akan lebih diadakan lagi terobosan-terobosan perkuliahan yang menarik guna menunjang proses perkulaian yang ada di FDK Unisnu Jepara. Hal tersebut juga senada dengan apa yang dipaparkan nara sumber M. Kholil sumber : http://edukasi.kompasiana.com/2014/06/14/fakultas-dakwah-unisnu-jepara-kuliah-di-luar-666246.html

Admin Unisnu

Komentar