Dosen Terapkan Pembelajaran Outdoor untuk Kuasai Kompetensi Teknik Penulisan Karya Ilmiah Populer

Dosen Terapkan Pembelajaran Outdoor untuk Kuasai Kompetensi Teknik Penulisan Karya Ilmiah Populer

Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UNISNU Jepara semester 5 (Lima) adakan pembelajaran outdoor dengan mata kuliah teknik penulisan karya ilmiah populer di pantai teluk awur Jepara pada (11/12).

Menurut Khoirul Muslimin, selaku dosen pengampu mengatakan, tujuan diadakannya pembelajaran outdoor ini yakni untuk mencari data, fakta, dan representasi guna dalam pembuatan esay. "Kegiatan ini menjadi bagian dari proses pembelajaran yang harus dikuasai oleh mahasiswa, khususnya dalam penguasaan mata kuliah teknik penulisan karya ilmiah", Ujarnya.

Selain itu, dosen pengampu juga mewajibkan mengunggah hasil tulisan ke akun kompasiana, agar karya mahasiswa bisa dibaca dan dilihat oleh banyak orang. Sebelum observasi berlangsung, sempat diadakan briefing terlebih dahulu dan foto bersama. "pemberangkatan dimulai dari kampus kemudian langsung menuju teluk awur, dan eksekusi pencarian data dimulai pada pukul 10.30 WIB," ungkap Indri selaku komting kelas yang berada dilokasi.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rutinan setiap tahunnya. Tujuan lain diadakannya kuliah outdoor ini, guna melepas kejenuhan sekaligus penyegaran agar pembelajaran tidak selalu monoton didalam ruangan, terlebih dalam mencari obyek penulisan.

Oleh karena itu, dengan adanya proses tersebut mahasiswa dilatih untuk menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar, dan dirasakan, terkhusunya dalam penulisan esai.


Admin FDK

Komentar