Pedoman PPL Prodi KPI


UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA JEPARA

FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI

Jl. Taman Siswa No. 09 Tahunan Jepara

Telp./Fax : 0291 593132 email : [email protected]

Website : http://www.unisnu.ac.id

 BUKU PEDOMAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM   FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NAHDLATUL ULAMA (INISNU) JEPARA Diterbitkan oleh : Lembaga Penerbitan An-Nida Fakultas Dakwah dan Komunikasi UNISNU Jepara Edisi ke-3 Tahun 2014 Tim Penyusun Pelindung                               : H. Noor Rohman Fz., B.Ed., MA. (Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi) Penanggungjawab                  : Drs. Achmad Slamet, M.S.I. (Wadek FDK) Ketua                                      : Abdul Wahab, S.Sos.I.,M.S.I. (Kaprodi KPI) Sekretaris                               : Mulyadi, S.Ag. Anggota                                  : M. Nashrul Haqqi, M. Hum. Mahfidlah Fajrie, S.Sos.I., M.S.I.  

KATA PENGANTAR

  Bismillahirrohmanirrohim  

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT., yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah-Nya kepada kita semua, sehingga Buku Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UNISNU Jepara ini dapat diselesaikan. Buku pedoman ini memberikan dasar dan arah pijakan bagi pelaksanaan kegiatan praktik pengalaman lapangan khususnya bagi mahasiswa, dosen pembimbing, panitia PPL dan lembaga praktikan.

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diikuti oleh mahasiswa dari Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam yang telah memenuhi syarat. Kegiatan ini diarahkan untuk memberikan pengalaman riil kepada mahasiswa tentang medan komunikasi dan penyiaran Islam di lapangan sekaligus sebagai wahana untuk menerapkan pengalaman teoritis yang telah diperoleh mahasiswa di kelas perkuliahan.

Fakultas Dakwah dan Komunikasi sebagai lembaga yang mempersiapkan dan sekaligus mencetak calon pendakwah dan ahli komunikasi dan penyiaran Islam telah berupaya untuk membentuk lulusannya menjadi calon pendakwah dan ahli komunikasi dan penyiaran Islam yang professional serta berakhlaqul karimah. Kemampuan ini diukur dari sejauh mana para lulusan memiliki multi kompetensi, baik kompetensi professional, kepribadian maupun sosial. Oleh karena itu, PPL merupakan salah satu program yang sangat signifikan dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

Kegiatan PPL di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UNISNU Jepara dilaksanakan dengan tujuan memberikan pengalaman mahasiswa terhadap praktik komunikasi dan penyiaran Islam dalam situasi lapangan yang sebenarnya.

Mengingat pentinya kegiatan tersebut, maka kehadiran buku pedoman PPL ini dipandang sangat penting. Buku ini berisi petunjuk pelaksanaan kegiatan PPL di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UNISNU Jepara dan dijadikan pegangan bagi mahasiswa praktikan, instansi praktikan, dosen dan praktisi pembimbing, serta panitia kegiatan. Diharapkan dengan hadirnya buku ini dapat mengantarkan pelaksanaan kegiatan PPL dapat berjalan lancer, efektif dan efisien. Amin.

  Jepara, Juni 2014 Dekan,     H. Noor Rohman Fz., B.Ed.,MA.

 DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.. iii DAFTAR ISI BAB I      PENDAHULUAN.. 1 A.    Latar Belakang. 1 B.    Pengertian. 2 C.    Tujuan. 3 D.   Target 3 E.    Manfaat 5 F.    Status 6 G.   Ruang Lingkup Kegiatan. 6 H.   Waktu. 7 I.     Tempat 7   BAB II  MEKANISME PPL. 8 A.    Persiapan. 8 B.    Pengelolaan. 9 C.    Deskripsi Tugas 10   BAB III  PELAKSANAAN PPL. 14 A.    Pembekalan PPL. 14 B.    Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) 14   BAB IV   PENYUSUNAN LAPORAN PPL. 16 A.    Penulisan Laporan. 16 B.    Sistematika Laporan. 16   BAB V   PENILAIAN PPL. 19 A.    Tujuan Penilaian. 19 B.    Prinsip Penilaian. 19 C.    Aspek Penilaian. 19 D.   Penilai 20 E.    Pedoman dan Kriteria Penilaian. 20 F.    Standar Penilaian. 22 G.   Mekanisme Penilaian. 22 BAB VI  PENUTUP.. 23 LAMPIRAN – LAMPIRAN.. 24


 BAB I

PENDAHULUAN

 
  1. Latar Belakang

Fakultas Dakwah dan Komunikasi merupakan salah satu fakultas di lingkungan UNISNU Jepara yang bertujuan mempersiapkan tenaga ahli dan meningkatkan kompetensi dan profesionalitas dalam bidang Komunikasi dan Penyiaran Islam. Tugas tersebut dapat dilakukan secara professional, apabila mahasiswa dibekali seperangkat ilmu maupun pengalaman baik yang bersifat teoritis maupun praktis. Pengalaman teoritis telah diberikan melalui sistem perkuliahan dalam berbagai mata kuliah, sedangkan pengalaman praktis diberikan melalui program praktik lapangan.

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program akademik Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang harus diikuti oleh semua mahasiswa S.1 yang telah memenuhi kualifikasi tertentu sebagai peserta. Secara umum kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata dan memperluas cakrawala mahasiswa dalam pembentukan kompetensi professional, personal, maupun sosial sebagai calon pendakwah maupun tenaga ahli di bidang komunikasi dan penyiaran Islam, sehingga mampu melaksanakan tugas-tugas mereka secara ideal. Dengan demikian melalui kegiatan praktik pengalaman lapangan para mahasiswa mampu meningkatkan kompetensi mereka serta mampu membangkitkan minat dan motivasi masyarakat dalam hal pentingnya komunikasi dan penyiaran Islam dan dalam mengatasi problem hidupnya. Selain itu mahasiswa juga bisa membangun komunikasi baik secara personal maupun sosial.

  1. Pengertian

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Dakwah dan Komunikasi diawali dengan pembekalan (coaching). Selain itu mahasiswa telah mengikuti micro preaching dan pelatihan-pelatihan sebagai simulasi proses komunikasi dan penyiaran Islam.

Pembekalan adalah kegiatan orientasi kampus yang berisi penyegaran terhadap materi-materi perkuliahan, keterampilan komunikasi dan penyiaran Islam, etika dakwah, dan informasi tentang instansi tempat PPL.

Micro preaching adalah kegiatan pra-PPL, dimana mahasiswa melakukan kegiatan praktik komunikasi dan penyiaran Islam dalam skala terbatas. Kegiatan ini dimaksudkan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual dan kesiapan teknis tentang proses komunikasi dan penyiaran Islam yang selanjutnya dapat digunakan sebagai bekal untuk mengembangkan diri sebagai calon pendakwah dan ahli komunikasi sebelum terjun ke instansi tempat PPL.

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah kegiatan belajar mahasiswa yang dilakukan di lapangan untuk mengintegrasikan pengetahuan teoritis yang diperoleh di kampus dengan pengalaman praktik di lapangan sehingga target khusus yang merupakan target kompetensi program studi dapat tercapai. Kegiatan tersebut meliputi kejurnalistikan, proses penerbitan karya jurnalistik dakwah, praktik penyiaran, dan praktik-praktik lain yang sesuai dengan komunikasi dan penyiaran Islam. Praktik kejurnalistikan adalah latihan melaksanakan kegiatan kejurnalistikan oleh mahasiswa di kantor redaksi dan di lapangan, mulai dari membuat perencanaan rapat-rapat redaksi, pelaksanaan dan penilaian. Sedangkan praktik penerbitan karya jurnalistik dakwah adalah latihan melaksanakan proses penerbitan hasil-hasil praktik kejurnalistikan yang dilaksanakan sebelumnya untuk menjadi karya yang bisa dikonsumsi oleh pembaca/pendengar, mulai dari tata cara lay out, editing, sampai pada tahap pencetakan dan lain-lain. Sedangkan praktik penyiaran merupakan praktik melakukan kegiatan penyiaran oleh mahasiswa di lembaga-lembaga penyiaran yang telah diajak kerjasama berkenaan dengan berbagai hal yang berka


Admin Unisnu

Komentar